Ads 468x60px

Jumat, 08 April 2016

Gearset Taguma - Tajimi ,solusi murah dan kuat!

berawal dari kejadian yang tidak mengenakan. saat itu teman nongkrong HR pinjam si meggy untuk keliling2. tau taunya dia makenya ga bener, malah dibuat sentek-sentekan. bahasa indonesianya apa ya,.. dibuat standing standingan gitu biar roda depan ngangkat(gak lagi lagi deh minjemin ke sembarang orang) tentunya penggunaan seperti ini pada motor sangat tidak disarankan ya,apalagi motor standart, karena bisa membuat umur gir dan rantai nya relatif pendek,apalagi penyakit lama GL series yaitu bushing damper rawan jebol.

HR baru sadar ketika perjalanan pulang dari STMJ,terdengar suara krotak2 seperti besi goyang.pertama dugaan "waduh kayaknya knalpot goyang neh" pas pulang dipegang2 gak goyang ternyata. pegang gear belakang, wadaw oblak ternyata. rantainya pun sudah kendor padahal settingan nya udah mentok. gir pun udah lancip2. pikir HR yawislah sekalian ganti gearset,mungkin emang udah waktunya(maklum ini motor udah 10 tahun,tapi gak kalah sama motor jaman skrg :D )

gearset ori bautnya patah 2 ,bushing damper  ancur 1(gak kepoto)

sore itupun langsung ke bengkel deket rumah, ditawarin gearset ori ahm 280rb. busseett dah mahal amat. akhirnya pun HR pulang dengan tangan kosong, malemnya pun searching google nyari info2 tentang merk gearset aftermarket

malam itu juga HR meminta saran lewat bbm kepada salah satu senior megapro(anggota HMMC) dan disarankan untuk pake gearset merk TAGUMA atau TAJIMA (thanks om Kris Santoso)
katanya sih udah banyak yang make dan awet.
pikir HR pun kayanya merk TAGUMA sama TAJIMA masih 1 pabrikan. ini merk kurang familiar ya kayanya, apa HR yg ketinggalan kereta nih :3

besoknya pun HR cusss nyari toko yang jual gerset taguma. yah meskipun agak susah sih nyarinya,akhirnya dapet juga.

awalnya HR kira belinya 1gearset khusus untuk 1 jenis motor. ternyata pembeliannya eceran yaitu gear depan , gear belakang, dan rantai. enak deh bisa pilih mau berapa mata. HR Beli gear belakang standart(46t) tapi gear depan saya naikin 1 mata dari standartnya (14t jadi 15t) supaya nafasnya lebih panjang. nafas standartnya meggy neotech mesin overbore ini udah panjang loh , apalagi pake naikin gir 1 mata.

lanjut wis ke bengkel buat masang semua itu ,sekalian pasang bushing damper juga.
disaat HR menunggu. si mekanik ini terheran heran melihat gear taguma sambil mengetuk ngetuk gir dengan kunci pas "wadoh gir keras tebel banget yoo. suarane pisan. baja iki, onok cap gajah sisan"
padahal HR sendiri gaktau itu dari baja apa enggak :D
cap gajah masih nempel di gir saat dipasang :v


jadi total tadi habis+benerin yang lain:
-gear depan 15rb
-gear belakang 70rb
-rantai 70rb
-bushing dumper ori ahm 40rb
-baut gir baja,rumah sekring+sekring,biaya pemasangan bushing damper,gir,rante=55rb

total sampe tuntas semua cuma habis 250rb loh. apalagi kalo cuma mau beli gearset taguma,hanya 155rb :D

Karena baru makek jadi ya belom bisa kasi review dulu.tunggu update an selanjutnya :D

*UPDATE
Setelah 8 bulan pemakaian,gir belakang dan rantai masih normal. cuma gir depan udah kalah duluan. mungkin karena mesin std dikasi gir berat ya gak kuat.
sekarang udah saya standartin lagi deh pake 14t,merk taguma lagi :D



Facebook: Hamric Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar